PERHATIAN..!! Pastikan Anda melakukan transaksi langsung ke rekening Instansi / Perusahaan Resmi.

Radius: Mati
Radius:
km Setel radius untuk geolokasi
Cari

Sekali Cas, Jaguar I-Pace Sanggup Tempuh London-Brussel

Sekali Cas, Jaguar I-Pace Sanggup Tempuh London-Brussel

Jaguar membuktikan performa I-Pace, SUV bertenaga listrik sepanjang 369 km. I-Pace beranjak dari South Bank London, dengan baterai 90kWh yang terisi 100%. Bergerak ke tenggara, ia menapaki Channel Tunnel terminal di Folkestone. Jaguar I-Pace melakukan perjalanan sejauh 50 km, melalui terowongan bawah laut terpanjang di dunia.

Melewati Channel Tunnel berarti ada pengalaman menarik. Saat menelusuri terowongan, untunglah daya baterai baru terkuras 75%. Stephen Boulter, ialah insinyur yang berada di belakang kemudi I-Pace. Beberapa jam berselang, muncullah pancaran sinar matahari, sebagai penanda mobil keluar terowongan dan sampai di Calais. Boulter kemudian terus bergerak menuju timur hingga tiba di Mons Des Arts. Sebuah tempat bersejarah di pusat Kota Brussel. Sementara daya baterai tinggal 8% tersisa.

“Kami tahu, pelanggan tidak berkompromi dalam penggunaan sehari-hari. Makanya kami merekayasa SUV elektrik kami, untuk memberi daya jelajah yang luar biasa. Kami mengemudi sejauh 229 mil (369km) dari London ke Brussels dengan sekali pengisian. Dan tiba dengan sisa daya baterai. Tanpa rasa was-was. Kami telah menunjukkan betapa nyamannya perjalanan jauh bersama I-Pace,” ungkap Boulter, Vehicle Integration Manager Jaguar UK.

Sebagai bagian dari tantangan, mobil listrik ini melesat di sepanjang jalan raya. Mobil sengaja melewati lalu lintas jam sibuk, saat musim panas untuk mencapai ibu kota Belgia. Menurut Jaguar, I-Pace dikemas dengan teknologi, yang mengoptimalkan efisiensi energi.

Rahasianya, mereka punya teknologi pengaturan otomatis, untuk memanaskan atau mendinginkan baterai. Fungsinya, membuat suhu operasi baterai yang ideal. Saat kondisi lingkungan sangat dingin, bisa membuat baterai boros. Pun saat baterai terlampau panas, dibutuhkan pendinginan. Jadinya baterai lebih efisien dan memaksimalkan jangkauan.

Kemudian ada bantuan sistem navigasi, yang menghitung topografi rute dan gaya mengemudi. Jadi Anda tak perlu risau, sebab sistem bakal menyuguhkan rute yang paling efisien energi. Sistem juga membantu menemukan stasiun pengisian (listrik) dalam jangkauan. Pengisian baterainya pun cepat. Anda cuma butuh pengisi daya DC 100kW. Hanya dalam tempo 15 menit, Anda mengantongi tambahan daya tempuh 100 km.

Baterai Lithium-ion 90kWh milik I-Pace dikatakan sudah ideal. Untuk mengisi 0-80% hanya perlu waktu pengisian 40 menit (100kW DC). Bisa jadi, pengisiannya lebih cepat dari smartphone Anda. Kemudian untuk sprint dari 0-100 kpj hanya 4,5 detik.

Metercluster dapat menunjukkan berapa banyak energi yang terpakai. Seperti besaran AC atau pemanas kabin yang digunakan. I-Pace dilengkapi fitur Smart Climate, termasuk sensor yang mengetahui jumlah orang di dalam kendaraan. Ia hanya memanaskan atau mendinginkan area di sekitar penumpang saja. Ya, sembari menghemat konsumsi energi. Canggih bukan? (Alx/Van)

Sumber : www.oto.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai

Teratas